Pages

Selasa, 02 Agustus 2011

Bunga Bugenvil dan Bunga Tasbih


BUNGA BUGENVIL (KEMBANG KERTAS)
Nama Latin     : Bougainvillea Speetabilis
Nama Daerah  : Kembang Kertas (Bugenvil)

Keterangan :
1. Daun pemikat, 2. Flos (bunga), 3. Pedicellus, 4. Petal, 5. Stygma, 6. Stylus, 7. Anther, 8. Filament
*      Bunga majemuk tak berbatas (Inflores centia racemosa)
*      Mempunyai daun pemikat
*      Simetri bunga : asimetri

Kembang kertas atau populer juga dengan nama bugenvil (cf. bougainville; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama B. glabra) merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.

Tanaman bunga kertas atau bougainvillea mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.

Walaupun tanaman ini berukuran kecil dan berbentuk corong, namun memiliki banyak manfaat. Contohnya saja untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian pewangi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.   



BUNGA TASBIH
Nama Latin     : Canna Orientalis
Nama Daerah  : Bunga Tasbih

Keterangan :
1. Theca, 2. Stygma, 3. Stillus, 4. Petal, 5. Calyx, 6. Pedicellus
*      Termasuk bunga tunggal (Flos Umiflora)
*      Bunga pada ujung batang (Flos Terminalis)
*      Simetri bunga : asimetri

Bunga tasbih atau Canna indica Linn. Terna besar, tahunan, tinggi mencapai 2 m., dalam tanah mempunyai rimpang yang tebal seperti ubi. Daun besar dan lebar, nyirip jelas warna hijau (ada yang berwarna tengguli). Bunga besar dengan warna-warna cerah (merah, kuning) tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan. Buah berupa buah kendaga, biji banyak, bulat. Hampir selalu ditanam sebagai tanaman hias, tapi tumbuh liar di hutan dan daerah pegunungan sampai ketinggian 1.000 dari permukaan laut. Jenis lain, Canna edulis Ke Gawl. (Ganyong) mempunyai kelopak bunga lebih kecil, daun hijau tengguli dengan ping lebih tengguli. Ditanam sebagai tanaman hias, rimpangnya dapat dimakan, di Australia sebagai penghasil tepung yang dikenal sebagai "arrowroot of Queensland".

Banyaknya kandungan di dalam umbi ternyata membuatnya berkhasiat pula sebagai obat tradisional. Selain umbinya, bunga, daun, dan bijinya bisa dimanfaatkan pula untuk pengobatan, baik pengobatan luar, maupun dalam.

Umbinya dapat dimanfaatkan untuk mengobati keputihan (leucorrhoea), sakit kuning (acute icteric hepatitis), ambein (hemorrhoids), pembengkakan kelenjar limpa, kanker kandungan, kencing batu, tekanan darah tinggi, menurunkan suhu tubuh yang tinggi, haid terlalu banyak, batuk darah, dan vertigo. Untuk pengobatan luar, umbinya berkhasiat untuk menghentikan perdarahan atau luka bernanah, jerawat, keseleo, dan lainnya.Untuk kembangnya, bunga tasbih dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan. Cara mengobatinya adalah dengan pengobatan dalam, atau diminum racikannya. Untuk mendapatkan khasiat dari bunga tasbih untuk pengobatan dalam, umbi atau bunganya dicampur dengan bahan lainnya. Racikannya ditambahkan air kemudian direbus dan disisakan hingga beberapa cc. Air rebusannya disaring dan airnya diminum secara teratur





1 komentar:

Unknown mengatakan...

kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

Posting Komentar